4-1-1 pada cuci muka

oleh Carlin

Ini dia – pertanyaan sejuta dolar – apakah saya benar-benar perlu mencuci muka di pagi hari?

Kita bisa berada di sini sepanjang hari untuk membahas pertanyaan ini. Mengapa ada begitu banyak perdebatan tentang seberapa sering Anda harus mencuci muka?!

Kami telah bekerja sama dengan dokter kulit ahli kami, Dr Lisa Kellettuntuk memberi Anda cuci muka 4-1-1: Seberapa sering Anda harus mencuci muka dan bagaimana jenis kulit berperan dalam
Jawaban untuk pertanyaan ini?

Apakah saya perlu mencuci muka di pagi hari?

DLK: Kebanyakan orang sebenarnya tidak perlu membersihkan wajah mereka di pagi hari karena tidak ada yang Anda lakukan di malam hari yang — sebagian besar — ​​membuat wajah Anda kotor. Kebanyakan orang tidur dengan wajah bersih, sehingga wajah tetap bersih di pagi hari. Pengecualiannya mungkin orang-orang yang mungkin sangat rentan terhadap jerawat dan memiliki produksi minyak yang meningkat, dan orang-orang yang perlu menerapkan produk obat di pagi hari. Menerapkan perawatan di pagi hari pada kulit yang lembab akan meningkatkan penyerapan produk oleh kulit. Jadi dalam hal ini, memiliki wajah yang bersih dan basah dapat meningkatkan efektivitas produk pagi Anda. Namun, sebagian besar, semprotan air cepat berhasil!

Saya ingin menekankan bahwa sementara pembersihan berlebihan adalah masalah umum, terutama dengan kulit yang rentan jerawat, jenis pembersih yang digunakan untuk kondisi kulit spesifik Anda sama seperti
penting, jika tidak lebih.

Apa perbedaan antara pembilasan dan pencucian/desinfeksi?

DLK: Membilas hanya memercikkan wajah Anda dengan air – Anda tidak benar-benar menggosok atau menggosok. Di pagi hari, yang Anda butuhkan hanyalah bilas cepat dengan air hangat jika Anda tidak menggunakan perawatan pagi hari. Pembilasan sederhana akan membantu Anda menghindari pembersihan yang berlebihan, yang dapat mengiritasi kulit.

Mencuci wajah, terutama jika Anda menggunakan pembersih semir gel, menghilangkan lapisan sel kulit mati yang disebut stratum korneum pada permukaan kulit. Seperti yang saya katakan sebelumnya, menghilangkan lapisan kulit mati ini akan membantu kulit terlihat lebih segar dan menyerap produk ke dalam kulit dengan lebih efektif.

Bagaimana jika kulit saya berminyak?

DLK: Untuk pasien dengan kulit berminyak, mereka cenderung membersihkan secara berlebihan. Padahal, jika Anda memiliki kulit berminyak, lebih baik menggunakan perawatan (misalnya Benzoil Peroksida) dan membersihkannya sekali sehari, daripada dua kali sehari tanpa perawatan. Pembersihan berlebihan, terutama di musim dingin, dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, kemerahan, dan peradangan pada kulit. Untuk jenis kulit berminyak dan rawan jerawat, pembersihan berlebihan dapat memperburuk jerawat, membuatnya tampak lebih merah dan iritasi.

Untuk kulit berjerawat, disarankan untuk menggunakan gel pembersih poles. Ini mengandung manik-manik mikro ramah lingkungan yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat kapiler berminyak, juga dikenal sebagai pori-pori. Untuk kulit dewasa dan penuaan, carilah pembersih vitamin A, karena bahan ini meningkatkan stimulasi kolagen.

Bagaimana jika kulit saya kering?

DLK: Jika kulit Anda kering, pembersihan yang berlebihan dapat memperburuk kondisi Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pembersih gel yang sangat ringan. Penting juga untuk menghindari pembersih yang mengandung aktivator asam laktat, asam salisilat, dan asam glikolat. Bahan-bahan ini sangat kuat dan terkadang dapat menyebabkan iritasi pada orang dengan kulit kering dan sensitif. Saya sarankan menyikat sekali sehari untuk menghapus riasan, dan hindari mencucinya di pagi hari. Pembersihan kulit kering yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit seperti dermatitis.

Untuk dermatitis dan eksim, carilah pembersih yang sangat ringan yang tidak berbusa. Busa dapat mengelupas dan mengeringkan kulit, memperburuk masalah kulit yang ada. Kuncinya adalah hal yang sangat bagus dan lucu.

Jadi, apakah saya perlu membersihkan wajah di pagi hari?

DLK: Jawaban singkat – bagi kebanyakan orang, tidak. Namun, menggunakan pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda sangatlah penting.

Ada begitu banyak penekanan (terutama di Amerika Utara) pada kebersihan sehingga orang sering cenderung melakukan sanitasi yang berlebihan. Pasien cenderung over-cleansing daripada under-cleansing,
Apalagi saat wabah. Pasien melihat saya over-cleansing untuk membantu mengatasi iritasi, yang sebenarnya disebabkan oleh over-cleansing. Jadi hasilnya pasti penting.

Ada sejumlah pembersih kulit yang tersedia di pasaran. Ada pembersih untuk semua orang! Saya sarankan meluangkan waktu untuk menemukan pembersih yang sempurna untuk kulit dan masalah spesifik Anda.

Selamat merawat kulit <3